SEKILAS INFO
: - Kamis, 30-03-2023
  • 4 tahun yang lalu / SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA “TERAKREDITASI A” Mencetak Profesional yang Religius – Untuk Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2023/2024 sudah dibuka, bisa daftar online melalui link : bit.ly/ppdb_23
Penentuan media promosi (Materi 7 Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas 12)

Promosi adalah faktor penting penentu banyak atau tidaknya pengunjung serta sukses atau tidaknya suatu event.

Karena dengan promosi yang tepat masyarakat dan target sasaran dari event menjadi mengetahui event tersebut. Banyak alat yang dapat digunakan untuk promosi event, dimana salah satu yang terkuat dan terefektif adalah melalui media. Nah bagaimana menentukan media yang tepat untuk promosi suatu event?

 

  • Budget

Banyak media yang dapat digunakan, mulai dari yang gratis seperti sosial media sampai yang bertarif puluhan atau ratusan juta. Nah untuk itu anda harus menentukan terlebih dahulu budget yang akan digunakan untuk promosi. Jika anda adalah perusahaan dengan modal besar, penggunaan media televisi sebagai media promosi akan tepat tentunya. Sedangkan bila budget anda terbatas mungkin anda dapat mempertimbangkan media sosial atau media cetak yang tentu lebih minim penggunaan budgetnya. Selain itu anda harus memperhatikan budget yang anda keluarkan untuk media promosi apakah sesuai dengan target/ segmen pasar anda atau tidak.

 

  • Target

Tujuan dari promosi suatu event adalah agar target sasaran mengetahui event tersebut dan merasa terajak/ terpanggil untuk hadir. Karena itu target sasaran dari promosi haruslah jelas. Dengan mengetahui siapa target dari promosi anda, dari situ anda dapat berangkat menentukan media apa yang cocok untuk terget tersebut.

Bila event anda adalah untuk anak muda, tentu menggunakan media promosi koran berita akan sangat salah. Gunakanlah media sosial yang setiap hari menjangkau para anak muda.

Atau bila event anda bertaraf nasional dengan target seluruh wilayah Indonesia, gunakanlah media yang dapat menjangkaunya seperti televisi nasional.

 

  • Materi Promosi

Yang perlu anda lakukan selanjutnya adalah menentukan materi atau isi dari promosi. Akan berbentuk apakah materi promosi event anda? Dengan tahu apa materi dari promosi event anda, akan lebih mudah menentukan media yang akan digunakan.

Bila materi adalah sebatas text, maka media cetak baik online maupun offline adalah pilihan yang tepat. Media sosial seperti twitter dan facebook pun cocok untuk metari iklan yang hanya berupa text.

Bila hanya berupa audio, otomatis radiolah yang harus anda pilih. Atau media streaming musik yang sedang digandrungi saat ini juga masih masuk hitungan. Podcast juga bisa diandalkan bila target anda cocok.

Bila hanya gambar media sosial Instagram adalah pilihan utama anda selain spanduk, poster, banner, ataupun billboard.

Bila berupa video dan audio anda bisa menggunakan media mulai dari media sosial seperti Youtube, media elektronik seperti televisi, sampai ke billboard elektronik atau videotron.

 

  • Trust

Yang terakhir adalah tingkat kepercayaan masyarakat terhadap media. Di zaman yang penuh dengan berita hoax, anda harus menyortir media-media pilihan anda terlebih dahulu. Apakah media tersebut sering mengeluarkan informasi hoax atau tidak. Bila memang media yang anda pilih penuh dengan hoax, tentu akan berpengaruh kepada promosi anda dan juga bahkan terhadap image anda atau perusahaan anda sebagai pemasang iklan/ promosi. Media yang penuh dengan hoax tentu juga akan banyak ditinggalkan oleh masyarakat, sehingga otomatis bila anda menggunakannya sebagai media promosi anda, pembaca atau yang melihat promosi anda juga akan sedikit. Dengan kata lain promosi anda akan tidak efektif.

 

Bisnis sukses itu harus efisien, efektif dan tumbuh. Setiap bisnis perlu bertumbuh dan berkembang dan semuanya itu diperlukan berbagai cara, salah satunya dengan media promosi yang tepat.

Diantaranya adalah:

  1. Iklanadalah bentuk promosi bersifat masal dan nonpersonal. Oleh karena sirkulasinya luas maka biaya perunit menjadi lebih murah. Tetapi karena bersifat non personal maka iklan tidak mampu responsive. Oleh karena itu iklan tidak diharapkan sebagai media komunikatif interaktif.
  2. Penjualan Personaladalah aktivitas penjualan yang bersifat promosional. Karena bersifat personal, promosi ini sangat efektif membina komunikasi dua arah dengan audiens.
  3. Promosi Penjualanadalah bentuk promosi personal maupun nonpersonal untuk mendongkrak penjualan dalam jangka pendek. Promosi penjualan memang dirancang dengan berbagai cara (personal maupun non personal) untuk mendorong penjualan pada saat-saat tertentu.
  4. Publisitas adalah bentuk promosi yang lebih banyak dilakukan oleh masyarakat. Audiens sering berpendapat bahwa informasi produk dari sumber non-produsen tentu akan lebih fair atau jujur.
  5. Identitas Produkadalah desain produk yang bersifat khas yang mempunyai daya tarik tersendiri. Identitas produk adalah bentuk penampilan promosi produk secara konkrit menunjukkan kelebihan-kelebihan yang ada.

Pertimbangan penentuan media tersebut adalah berdasarkan: (1) jenis dan karakter produk yang dipasarkan serta perilaku audiens, dan (2) program promosi pesaing.

 

    • Pilihan Media Berdasarkan Produk

Produk yang mempunyai tampilan unik dan mampu membangkitkan emosional  akan lebih pas bila dipromosikan dengan iklan.

    • Pilihan Media Berdasarkan Pesaing.

Seringkali, perancang pilihan media diambil untuk menanggapi promosi pesaing. Karena pesaing gencar memberikan hadiah kepada pelanggannya, tentu perusahaan harus merespons dengan program yang seimbang agar supaya tidak ditinggalkan oleh pelanggan.

Selain itu evaluasi media cukup penting seperti evaluasi berbasis standar promosi, evaluasi berbasispola efek pengaruh, evaluasi berbasis metodologi, pra-test evaluation, pro-test evaluation, dan post-test evaluation.

    1. Evaluasi berbasis standar Promosi. Pada dasarnya tindak evaluasi adalah pembandingan nilai. Untuk dasar pembandingan diperlukan standar atau ukuran keberhasilan yaitu pernyataan tujuan atau anggaran promosi.
    2. Evaluasi Berbasis Pola Efek Pengaruh. Kampanye program promosi tidaklah begitu saja langsung saat yang bersamaan memberikan pengaruh. Selalu ada tenggang waktu antara eksekusi program dengan hasil kinerja program.
    3. Evaluasi Berbasis Metodologi. Penentuan saat atau waktu evaluasi akan memberikan inforamsi yang berbeda. Metode evaluasi dapat dilakukan sebelum (pra-test), pada saat (pro-test) atau sesudah (post-test) program promosi dilaksanakan.

Nah, untuk usaha Anda sebaiknya menggunakan promosi penjualan. Misalnya memberi hadiah bagi beberapa orang pembeli pertama, membuat sampel produk, membuat kupon berhadiah, memberikan konsultasi pelanggan dan sebagainya. Dan jangan lupa berikan layanan terbaik agar pembeli mau datang lagi.

 

Setelah kalian baca dan pahami silahkan absen di link bawah ini yaa…
https://forms.gle/G3kmUM1fwzg2afcF8

TINGGALKAN KOMENTAR